Sabtu, 16 Juni 2012

One Dream II


Hmmm… mari kitte lanjutkannn yang telah tertunde (versi jimmy di film duyung aspalela.. :p)
Jadi sampai dimana kita..?? Ah masalah merasa termarginalkan akibat warna kulitku yang kontras. Ahhh…. Mengapa itu yang diingat duluan ya..?? masih sakit hati ane dari episode hidup yang lalu.. hahaha…

Kita masih berada di tempat pengolahan mutiara di tengah kota Beijing. Aku  ma teman – teman mengekor guide cantik sambil dia menjelaskan tentang asal muasal mutiara – mutiara tersebut. Mutiara China merupakan salah satu mutiara terbaik dunia yang baik utuk kecantikan. Para betina – betina melangkah dengan wajah bersinar dan dompet yang siap dikuras. Memasuki ruangan pertama, kita diajak main tebak – tebakan kayak anak SD untuk menebak mutiara di balik cangkang. Pada scene tebak – tebakan ini yang kelak aku diketawain habis – habisan ama teman – temanku waktu udah balik ke Ternate.

Bagaimana gak diketawain coba? Aku emang tau ada wartawan TVOne yang meliput kegiatan selama program tapi waktu itu aku benar – benar gak tahu kalo wajah aku yang kontras coklat ini di shot full kamera. Lah gak apa – apa kalo manis,.. ini lagi ekspresi bengong kayak kambing nyesel sehabis disiram air dingin gitu, berminyak lagi. Hiiiksss….  Maklumlah aku lagi kelaparan abis,  udah gitu dingin menusuk iga – iga dan ditempa dengan ngantuk ku naik ampe klasemen puncak.. ente bisa bayangin ndiri deh muka ane waktu itu.. Yang ngebuat perfecto, pas tayangan liputannya, aku ma teman – teman lagi ngumpul bareng nongkrongin berita.. yaaah gak tahunya tuuh TV 32 inch nampilin wajah semua. Wajah aneee chooooiiii.. malunyaaa….. tapi yo wes lah yang penting ane masuuk tipiiii…ahaahaha. :p

Kita kembali ke Beijing. Setelah dari tempat pengolahan itu, kita kemudian nyari resto muslim. Makanan di China, benar – benar gak seru di lidah kita semua. Makanan mereka tumis semua, dan mengandung banyak bawang Bombay. Eeeuuuhhhh…. Untung aja ada sang penyelamat makanan semesta. Tereeeeng.. sambal ABC.. hahaha… benar – benar bantu banget. Selanjutnya dilanjutkan dengan nge-teh bareng di Dr. Tea. Udah bukan rahasia lagi kalo teh China, salah satu teh yang terkenal di dunia. Si peracik teh nya bisa bahasa Indonesia jadi gampang ngomongnya. Dari bandara ampe sekarang, aku baru sadar kalo ini orang – orang cipit lebih pintar bahasa Indonesia daripada Inggris looh. Si wanita yang lagi – lagi putih nian dengan belahan rok ampe di paha itu menjelaskan seperti biasa.
Ada yang unik, dari pohon teh mereka, kalo biasanya pohon teh ukurannya pendek – pendek, maka pohon teh mereka sebesar pohon cengkeh di Maluku. Pertama ni ya, aku pikir rasa teh nya gak jauh beda ama teh di Indonesia. Ehh pas diminum… pahitnya gheeeeellaaaa….. pengen aku muntahin saat itu juga kalo gak malu - maluin, udah gitu kita harus ngehabisin sekitar 5 gelas. Rasanya gaaan…. Amsyooong dah.. kayak obat tradisional yang biasa direbus nenekku untuk orang baru melahirkan. Wueeeeekkkk…

Setelah nyiksa lidah ma tuh teh – teh, agenda selanjutnya kita akan ke Puppet Castle nonton pertunjukan kungfu. Aku berharap ketemu Jackie Chan, tapi mimpi tinggal mimpi, kalo masih mimpi.. mimpi jalan teruuusss ajeeee… hehe..
And finally setelah agenda hari ini semuanya tereksekusi dengan baik saatnya balik ke hotel ketemu ma bantaaaal.. tiduuuuuuuuuuuuuuuuuuuurr…

Besok harinya, ada beberapa tempat yang harus dikunjungi. Takut kelaparan di jalan, kami meminta kertas kresek pada pelayan untuk ngisi roti selai sebanyak – banyaknya.  Mintanya juga kita kayak orang bisu, make bahasa isyarat. Padahal besoknya kita sarapan, baru keliatan oleh kita disitu ada notice bahwa makanan gak boleh di bawa keluar dari hotel… mampuus… kebiasaan nyuri ni….. hahaha
Perihal bahasa isyarat itu, hal itu dikarenakan yang sudah aku jelasin sebelumnya. Nyari orang yang bisa bahasa inggris susah sekali. Ada satu kejadian yang kalo diinget – inget cekikikan sendiri. Saat itu, teman – teman pengen makan ayam goreng dan sop daging sapi. Manggil pelayan. Pelayan datang. Sakit hati. Putih banget. Pelayan gak bisa bahasa inggris. Alternative satu – satunya ya bahasa isyarat. Yo wess.. ente pasti udah bisa bayangin kita ngapain selanjutnya untuk mesan tuh ayam ma daging sapi. Apalagi kalo bukan kita ngepakin tangan niru ayam ngepakin sayap, dan dua jari diatas kepala kaya kebo sawah. Itupun si pelayan cuman senyam senyum nyengar nyegir kayak kuda jatuh cinta. Setelah ngos – ngosan dengan semangat niruin, baru dianya ngarti. Sialaaaan ni Negara, mau makan aja susahnya minta ampuun dah.

Kita kemudian melanjutkan dengan jalan kaki sekitar satu jam-an lebih mengarungi forbidden city. Aku pejamkan mataku di salah satu sudutnya, menghirup panjang tanah penuh sejarah ini. Hai Empress Orchid, aku ditempatmu sekarang. Kau salah satu wanita tangguh idolaku, walau kepemimpinanmu diaggap fiksi. Salam kenal, aku gadis kecil dari salah satu sudut pulau Ambon yang berani bermimpi juga berkat kau.. xie xie…­^_^
Great Wall menjadi tujuan kami selanjutnya. Satu kata yang bisa aku katakan tentang bangunan itu. Subhanallah. Dari semua sudut yang ada disana. Ada yang dinamakan gembok cinta. Seperti gembok – gembok cinta di Indonesia juga, konon jika kita masang gembok disitu maka cinta kita akan abadi selamanya. Aku gak sepenuhnya percaya sih, tapi ngikut aja smoga benar. Hehe.
Kegiatan selanjutnya, yang paling ditunggu – tunggu nih.. shopiiiiiiiiiiiiiiiiiiing. Shopping di China kalo gak pinter ente mampuuus.
Beberapa pelajaran yang harus diinget kala shopping:
1.     Biasanya kita dipanggil “kaka.. kaka… mulllaaah… mullllaaaah..”. kalo kita tanya harga, kalkulator dengan harga yang diajukan. Jadi proses tawar menawar dengan kalkulator itu.
2.    Nawar hancur – hancuran. Pedagang disana semuanya penipu. Harga yang hanya jika disetarakan dengan rupiah hanya 50rb bisa ditaruh 1jt. Serius. Penipu kelas hiu.
3.    Jangan berani pegang – pegang dan nawar lama kalo gak berniat beli. Pedagang disana kasarnya minta ampun, kita bisa dibilang stupid lah, crazy lah, dimaki – maki da diusir  dengan bahasa aneh mereka lah. Jadi tahu aku, kalo orang – orang Indonesia is the best. :p
4.    Yang terakhir ne, enakan ngeledek balik kalo mereka marah – marah…. :P
Selain kunjungan – kunjungan ke tempat – tempat terkenal dan beberapa refleksi tubuh itu. Kita juga nglakuin kunjungan – kunjungan resmi ke Kedutaan Besar yang ada di China, Beijing Sport University, dan juga All Youth China Federation sama dengan KEMENPORA jika di Indonesia. Dari kesemua kunjungan itu, sungguh banyak pelajaran yang bisa dipetik. Akhirnya, aku tahu alasan mereka untuk ban social network masuk di Negara mereka. Selain membahayakan keamanan nasional juga membuat malas para generasi muda. Benar – benar dilindungi tirai bambu.
Enterprenership_nya jangan ditanya jika liat produk mereka di Indonesia, gak heran karena Pemerintah benar – benar memperhatikan pemuda – pemudanya.  Dan dalam sport, juga gak heran mereka selalu jadi namber wahid dalam beberapa cabang olahraga. Fasilitas merekaaaaaa… speechless… ^_^
@ hoping pemerintah kita bisa copy paste hal – hal yang baik itu @
"Aku akan terus bermimpi sepanjang nadi berdenyut.. karena dengan mimpi, kita hidup, dengan prinsip pengeksekusian mimpi, kita dan hidup  akan berharmony dengan indah"
                                       
                           Onha Thathisina
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar