Sabtu, 12 Mei 2012

LET’S SEE NORTH MOLLUCAS...... *_^

  
Banyak tempat dipelosok negeri ini yang menyimpan beribu keeksotisan nature. Salah satunya yang terkandung di Maluku Utara, tempat tinggalku. Kali ini saya ingin mengajak temans smua untuk berselancar ke kabupaten Halmahera Tengah. Sekilas tentang Halmahera Tengah.
Sejarah kembalinya Irian Barat yang kini dikenal dengan Papua ke pangkuan Ibu Pertiwi menorehkan nama Halmahera Tengah di dalamnya. Tahun 1956 wilayah ini termasuk bagian Provinsi Irian Barat. Tak hanya itu, daerah yang baru saja mengalami pengurangan wilayah di awal tahun 2003 ini adalah basis perjuangan merebut Irian Barat.

Hampir setengah abad lalu peristiwa itu terjadi. Meski demikian, hal bersejarah ini tak pernah lekang dimakan waktu. Ini tercermin dari arti gelombang laut, sudut Salawaku, dan gugusan pulau/gunung pada lambang Kabupaten Halmahera Tengah.
Ada banyak lokasi wisata di Halmahera Tengah ini namun yang akan saya tampilkan kali ini merupakan salah satu lokasi asyiiik untuk dikunjungi tepatnya di Kecamatan Weda loooh..!!! Mungkin temans berminat untuk mengunjungi.

Goa Boki Manuru

Goa ini terletak di desa Sagea, Kecamatan Weda. Perjalanan menuju goa tersebut temans akan dihadiahi pesona alam yang eksotis dan outstanding. Untuk menyusuri Boki Maruru itu harus menempuh jarak puluhan kilometer untuk mencapai kedalaman goa tersebut. Diawali dengan penyusuran Sungai Sagea sejauh lima kilometer menuju ke lokasi goa yang terkenal kemisteriusannya karena belum ada satupun yang bisa mencapai ujung goa, panjang (kedalaman horisontalnya) belum terukur. Perjalanan dilanjutkan dengan pendakian tebing setinggi kurang lebih 50 meter dengan kemiringan yang hampir mencapai 90 derajat untuk mencapai mulut goa. Tiba di mulut goa maka perjalanan akan dilanjutkan dengan penerangan dan melewati jalanan berlumpur.
Untuk sampai ke lokasi ini, biaya yang diperhitungkan sebagai berikut :
  • Ternate – Sofifi : Rp 50 rb (speed boat)
  • Sofifi – Weda (Halmahera Tengah) : Rp 120 rb (mobil travel)
  • Weda – Sagea : Rp 70 rb (speed boat)
  • Sagea – Goa Bokimaruru’ : Rp 100 rb (untuk 5 orang, katingting/perahu kayu)
Berhubung belom ada akomodasi berupa hotel dan penginapan, jadi silahkan buka dum anda dan menginaplah…. atau pintar - pintar nyari tumpangan.. Hehehehe…*_^




1 komentar:

  1. postingan menarik.. hmmm... ingin sekali ke ini tempat

    BalasHapus